• Breaking News

    Sunday, October 11, 2015

    TUGAS KE-4 KOMPONEN MODEL KONSEPTUAL DSS(DECISION SUPPORT SYSTEM)

    Hai sobat cerdas IT, yeah kali ini kami akan menyampaikan sebuah uraian singkat mengenai komponen model konseptual DSS dalam sistem pendukung keputusan. ehm sebagai anak IT dan melek teknologi apalagi jika kita tertarik dengan sistem pendukung keputusan maka kita harus tahu komponen model konseptual DSS dalam SPK ini sobat, yeah berikut uraian singkatnya, Let's Check about it :

    Manajemen Data :
    Manajemen data memasukkan satu database yang berisi data yang relevan untuk suatu situasi dan dikelola oleh perangkat lunak yang disebut sistem manajemen database (DBMS/Data Base Management System). Pada sistem pendukung keputusan alat kontasepsi ini tidak memiliki DBMS yang tetap. Data hasil pendukung keputusan yang di hasilkan oleh SPK alat kontrasepsi berupa beberapa pilihan keputusan yang tidak di simpan di dalam database, data yang telah di hasilkan hanya dapat terlihat setelah didapatkan hasil keputusan. Ketika sistem dijalankan kembali untuk mendapatkan data baru maka data yang lama hilang dan digantikan dengan data yang baru. Data hasil pendukung keputusan didapatkan melalui inputan user sesuai dengan kriteria pemilihan alat kontrasepsi masing-masing user. Data tersebut di olah oleh sistem melalui beberapa perhitungan matematis dengan meggunakan metode AHP.

    Manajemen Model :
    Berdasarkan definisinya manajeman model merupakan paket perangkat lunak yang memasukkan  model keuangan, statistik, ilmu manajemen, atau modelkuantitatif lainnya yang memberikan kapabilitas analitik dan manajemen perangkat lunak yang tepat.
    Agar supaya dapat menghasilkan kapabilitas analitik dan manajemen perangkat lunak yang baik skripsi SPK alat kontrasepsi ini menggunakan model yang akan menguraikan masalah multi faktor atau multif kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, karena dalam pemilihan alat kontrasepsi terdapat beberapa pemilihan yang harus ambil oleh pengguna dimana setiap pengguna alat kontrasepsi memiliki masalah yang berbeda-beda sehingga menggunakan metode  AHP. Adapun model perancangan sistem yang digunakan pada SPK ini adalah dengan menggunakan UML. SPK ini menggunakan bantuan metode TOPSIS (Technique For Order Preference by Similarity to ideal Solution) yang didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.

    Manajemen Pengetahuan :
    Berdasarkan definisi, sistem pendukung keputusan harus mencangkup tiga komponen utama yaitu DBMS, MBMS, dan antar muka pengguna. Subsistem manajemen berbasis pengetahuan adalah opsional, tetapi bisa memberikan banyak manfaat karena memberikan intelegensi bagi ketiga komponen utama tersebut. Pada sistem pendukung keputusan alat kontrasepsi ini tidak menggunakan manajemen pegetahuan karena SPK ini tidak dilengkapi dengan sistem cerdas atau sistem pakar.

    Antarmuka :

    Sistem pendukung keputusan alat kontasepsi ini memiliki 4 antarmuka yaitu : halaman utama, menu pemilihan alat kontrasepsi, hasil pemilihan alat kontrasepsi, menu informasi alat kontrasepsi, Sub-menu Informasi Alat Kontrasepsi, dan menu bantuan. sistem pendukung keputusan alat kontrasepsi antar muka di rancang dengan menarik dan simple sehingga mudah bagi pengguna untuk mengerti.
    Halaman utama adalah halaman yang pertama kali diakses oleh pengguna ketika masuk aplikasi. Terdapat empat menu yang tersedia, yaitu: SPK pemilihan alat kontrasepsi, Informasi alat kontrasepsi, Bantuan dan Tentang. Tampilan halaman utama dapat dilihat pada Gambar 1.

    "Gambar 1"

    Menu SPK Pemilihan Alat Kontrasepsi merupakan menu untuk  menentukan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi pengguna berdasarkan data masukkan dari pengguna itu sendiri. Ketika menu ini dipilih maka akan muncul halaman untuk menginputkan data pengguna. Di halaman ini pengguna dapat mengisi data kriteria yang telah disediakan dalam bentuk pertanyaan. Tampilan halaman menu SPK pemilihan alat kontrasepsi dapat dilihat pada Gambar 2.

    "Gambar 2"

    Setelah selesai mengisi  pengguna dapat menekan tombol “Tampilkan Hasil”  untuk melihat hasil dari alat kontrasepsi yang direkomendasikan. Tampilan hasil dapat dilihat pada Gambar 3.

    "Gambar 3"

    Menu informasi alat kontrasepsi merupakan menu yang berisikan informasi mengenai jenis alat kontrasepsi. Tampilan menu informasi alat kontrasepsi dapat dilihat pada Gambar 4.

    "Gambar 4"


    Pada menu informasi alat kontrasepsi tersedia delapan jenis alat kontrasepsi yang dapat dipilih oleh pengguna untuk dilihat informasinya. Tampilan dari sub-menu informasi alat kontrasepsi dapat dilihat Gambar 5.
    "Gambar 5"


    Menu Bantuan merupakan menu yang berisikan informasi mengenai fungsi dari masing-masing menu yang tersedia. Tampilan menu bantuan yang dapat dilihat pada Gambar 6.

    "Gambar 6"


    Bagaimana sobat IT, sudah tahukan apa itu komponen model konseptual DSS dalam SPK yang mana pada penjelasan diatas di ambil berdasarkan pada SPK alat kontrasepsi. semoga dapat bermanfaat dan beguna yah, hehhehe :)

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Culture